Saturday 2 October 2010

Vokasi Universitas Indonesia




Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Secara umum pendidikan vokasi (program diploma) bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Secara khusus, program diploma III diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintah atau berwiraswasta secara mandiri, hal ini karena beban pengajaran pada program pendidikan vokasi telah disusun lebih mengutamakan beban mata kuliah ketrampilan dibandingkan dengan beban mata kuliah teori.

Mulai tahun 2008 pengelolaan administrasi program pendidikan vokasi dilakukan secara terpusat di Universitas Indonesia. Hal ini dilakukan untuk melakukan efisiensi mengingat banyaknya jalur pendidikan yang ada di UI serta  untuk merealisasikan visi Universitas Indonesia menjadi universitas riset kelas dunia dalam menghadapi tantangan global.

Universitas Indonesia tetap menjalankan Program Diploma III dilandasi oleh tujuan untuk turut mencerdaskan  kehidupan bangsa, dengan menyediakan pendidikan tinggi jalur profesional secara berdampingan dengan pendidikan tinggi pada jalur sarjana dan pascasarjana. Secara statistik, Program Diploma di Universitas Indonesia sangat diperlukan oleh masyarakat, hal ini terlihat dari tingginya animo terhadap program-program yang ditawarkan maupun permintaan terhadap para lulusan.


Visi
Menjadi pusat unggulan pendidikan vokasional di ASEAN

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional dengan penekanan pada keahlian (skilled) dan praktek selaras dengan kebutuhan dunia kerja dan industri untuk menghasilkan tenaga ahli madya profesional yang berstandar internasional;
  2. Mengembangkan bidang-bidang vokasional dalam upaya untuk meningkatkan taraf kehidupan dan kualitas masyarakat Indonesia;
  3. Mengembangkan kerjasama antar lembaga/instansi di dalam maupun di luar negeri  untuk kepentingan pendidikan, praktek kerja dan adaptasi kurikulum.


Vokasi Universitas Indonesia merupakan fakultas ke-13 yang ada di Universitas Indonesia (UI). Selama ini setiap fakultas di UI, seperti FISIP, FIB, FE, FK, dan lainnya, memiliki program D3 sendiri di kampusnya. Tetapi sekarang, program D3 (yang disiapkan secara langsung untuk terjun ke dunia pekerjaan) yang ada disetiap fakultas tersebut disatukan menjadi fakultas Vokasi. Bidang-bidang studi yang ada di Vokasi itu pun beragam, yakni:


0 comments:

Post a Comment